List Isi Seserahan Lamaran Yang Perlu Kau Siapkan



Pada acara pernikahan atau lamaran lazimnya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Budaya yang sudah lama dikerjakan semenjak dulu ini menjadi prosesi harus dalam tiap-tiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang linglung sesungguhnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah seketika aja Sputnik kasih tau apa saja sesungguhnya isi seserahan pernikahan yang biasanya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Peralatan Sholat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita agar menjadi pendamping dan istri yang sholehah, karenanya sang pria lazimnya selalu menyiapkan hantaran peralatan ibadah ini. Sebagai wujud dan simbol nasihatnya kelak kepada sang istri. Untuk isinya dimulai dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Perlengkapan Mandi

Umumnya untuk kelengkapan mandi ini diawali dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan wewangian.

Pakaian Dalam

Baju dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga pakaian tidur. Melainkan untuk urusan membelinya biasanya sang wanita telah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan terhadap sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan agar lebih menawan.

Perlengkapan Makeup

Nah untuk peralatan yang satu ini lazimnya sang wanita amat concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Karena selain itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria mengerti, umumnya para wanita memiliki brand khusus yang berbeda – beda untuk tiap-tiap produk kosmetika yang diterapkan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini mempunyai makna bercahaya dan penuh harapan. Akan melainkan untuk perhiasan menjadi seserahan yang dapat disepakati bersama pantas dengan budget kalian . Apabila sang wanita mengharapkan, dan pihak pria bisa menyanggupi maka hantaran perhiasan bisa menjadi isi seserahan pernikahan yang akan diberi.

Perlengkapan Pesta

Peralatan pesta ini bermacam-macam – jenis isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, ransel, dress, sampai jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai format hantaran ngga lengkap rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk beberapa kebiasaan budaya contohnya betawi patut menyiapkan roti buaya dan juga ada sebagian kebiasaan yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon pengantin kelak senantiasa manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sesungguhnya ngga ada ketetapan patut. Semuanya dapat disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan melainkan ada sebagian kebiasaan seperti Jawa yang biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini hakekatnya ngga ada item semestinya banget yang harus sama. Balik lagi segala isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini biasanya berisi barang-barang kebutuhan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan diterapkan oleh sang wanita. Jadi bisa dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan cuma untuk wanita loh, melainkan ada juga isi seserahan pernikahan pria yang biasanya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria umumnya lebih simpel dan tak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, baju kerja / formal, jan tangan, hingga sepatu. Tergantung sang wanita berharap memberikan apa saja karena sebenarnya isi seserahan untuk pria tak seharusnya.


Baca Artikel Terkait Tentang Barang Seserahan Lamaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *